Tips Pembersihan karburator
Cara yang paling utama ialaaaaaaaaaaaah,........
Cara yang paling utama ialaaaaaaaaaaaah,........
1.
Semprot lobang di bagian bawah reservoir carburetor dengan cairan
carburetor cleaner seperti DCS sambil tuas pompa akselerator di tekan
tekan (lihat gambar 1), supaya kotoran yg didalam lobang tersebut bisa
keluar. Lobang tersebut adalah tempat mengalirnya sebagian bahan bakar
yg akan disemprot lewat pompa akselerator. Biasanya suka pada
kelupaan/gak pernah sama sekali utk membersihkan lobang tersebut,
soalnya kalo lobang tersebut mampet oleh kotoran maka BBM yang akan
dipompa akselerator akan berkurang supply nya dan efeknya tarikan mesin
akan jadi berat
2. Setelah itu buka sekrup mainjet dengan
kunci -8 dan pilotjet dengan obeng (-) yang ada dibagian atas karburator
tersebut smprot segala jenis lubang yang ada di karburator tersebut
(lebih disarankan menggunakan carburetor cleaner) agar lebih sempurna
bersihnya bila perlu dinding manjet dan pilotjet diampelas sampai
mengkilat agar jalannya minyak dan gas lebih sempurna lagi.
3.
Saat perakitan kembali karburator hati hati karet penutup jangan sampai
terjepit celah diantara bagian bawah dan atas karbu. Kalo sampai
terjepit akan mengakibatkan kebocoran pada karbu dan sangat membahayakan
jika terpercik api sedikit saja. bisa-bisa abis tu motor
kebakar,..hehehe :P, stasioner jadi gak rata, tarikan lemot, dan yg
pasti boros bensin.
4. Sebelum memasang karbu di intake nya, sebaiknya jarum skep (valve throttle) dimasukan ke dalam lobangnya terlebih dulu. Tapi harus diperhatikan jangan sampai salah posisi yaitu skep nya harus masuk sempurna spt gambar dibawah ini tanpa paksaan pada saat masuknya sebab jika ada tekanan berarti pemasangan jarum skep tersangkut.(gambar 2)
(gbr 2)
Kalo posisi masuknya spt gambar dibawah ini (gambar 3)
adalah
salah ! coba diputar putar skep sampai menemukan posisi spt gambar yg
diatas…Kejadian spt ini pernah dialami oleh bbrp teman kita …. Bahkan
salah satunya sampai minta tolong ke bengkel hanya tuk memasang jarum
skep doang…huahuahua….
(gbr 3)
Setelah itu baru dikencangkan dengan cukup menggunakan tangan seperti (gambar 4) lalu pasang ke intake manifold
(gbr 4)
5.
Yang terakhir ialah setelah karburator telah terpasang penyetelan
angin dan langsam gas motor tersebut perlu dilakukan yaitu dengan cara
menghidupkan motor dengan sedikit bukaan gas tangan,lalu putar stationer
setelan gas sampai motor tak mati lage (digantung githu,..hehehee)lalu
putar sekrup setelan anginnya searah jarum jam sampai mentok dan putar
berlawanan jarum jam sampai suara merebet hilang sama sekali biasanya
2,5 putaran berlawanan arah jarum jam untuk motor standart,jika sudah
ada perubahan pada MJ & PJ bisa disesuaikan yang jelas suara mrebet
harus ilang sepenuhnyaa.Sekian Dulu saya rasa,.
Ditunggu ajha info selanjutnya tentang topik-topik yang lain tentunnya,....
sumber : http://www.sahabat.bloger.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar