Minggu, 17 Februari 2013

TriK membersihkan Karburator

Tips Pembersihan karburator

Cara yang paling utama ialaaaaaaaaaaaah,........
1. Semprot lobang di bagian bawah reservoir carburetor dengan cairan carburetor cleaner seperti DCS sambil tuas pompa akselerator di tekan tekan (lihat gambar 1), supaya kotoran yg didalam lobang tersebut bisa keluar. Lobang tersebut adalah tempat mengalirnya sebagian bahan bakar yg akan disemprot lewat pompa akselerator. Biasanya suka pada kelupaan/gak pernah sama sekali utk membersihkan lobang tersebut, soalnya kalo lobang tersebut mampet oleh kotoran maka BBM yang akan dipompa akselerator akan berkurang supply nya dan efeknya tarikan mesin akan jadi berat


(gbr 1)





2. Setelah itu buka sekrup mainjet dengan kunci -8 dan pilotjet dengan obeng (-) yang ada dibagian atas karburator tersebut smprot segala jenis lubang yang ada di karburator tersebut (lebih disarankan menggunakan carburetor cleaner) agar lebih sempurna bersihnya bila perlu dinding manjet dan pilotjet diampelas sampai mengkilat agar jalannya minyak dan gas lebih sempurna lagi.
3. Saat perakitan kembali karburator hati hati karet penutup jangan sampai terjepit celah diantara bagian bawah dan atas karbu. Kalo sampai terjepit akan mengakibatkan kebocoran pada karbu dan sangat membahayakan jika terpercik api sedikit saja. bisa-bisa abis tu motor kebakar,..hehehe :P, stasioner jadi gak rata, tarikan lemot, dan yg pasti boros bensin.




4. Sebelum memasang karbu di intake nya, sebaiknya jarum skep (valve throttle) dimasukan ke dalam lobangnya terlebih dulu. Tapi harus diperhatikan jangan sampai salah posisi yaitu skep nya harus masuk sempurna spt gambar dibawah ini tanpa paksaan pada saat masuknya sebab jika ada tekanan berarti pemasangan jarum skep tersangkut.(gambar 2)
 (gbr 2)
Kalo posisi masuknya spt gambar dibawah ini (gambar 3)
adalah salah ! coba diputar putar skep sampai menemukan posisi spt gambar yg diatas…Kejadian spt ini pernah dialami oleh bbrp teman kita …. Bahkan salah satunya sampai minta tolong ke bengkel hanya tuk memasang jarum skep doang…huahuahua….


 (gbr 3)
Setelah itu baru dikencangkan dengan cukup menggunakan tangan seperti (gambar 4) lalu pasang ke intake manifold
 (gbr 4)
 5.   Yang terakhir ialah setelah karburator telah terpasang penyetelan angin dan langsam gas motor tersebut perlu dilakukan yaitu dengan cara menghidupkan motor dengan sedikit bukaan gas tangan,lalu putar stationer setelan gas sampai motor tak mati lage (digantung githu,..hehehee)lalu putar sekrup  setelan anginnya searah jarum jam sampai mentok dan putar berlawanan jarum jam sampai suara merebet hilang sama sekali biasanya 2,5 putaran berlawanan arah jarum jam untuk motor standart,jika sudah ada perubahan pada MJ & PJ bisa disesuaikan yang jelas suara mrebet harus ilang sepenuhnyaa.Sekian Dulu saya rasa,.
Ditunggu ajha info selanjutnya tentang topik-topik yang lain tentunnya,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar